BUKU KARYA MAHASISWA SEJARAH PERADABAN ISLAM MASUK REPOSITORY PERPUSTAKAAN UIN SATU TULUNGAGUNG

Buku Mendobrak Gastronomi Kultural Jawa: Dari Produksi Pengetahuan, Ruang Lingkup, Sampai Praktik Budaya Penulisan Esai Kreatifnya merupakan buku kreatif antologi nonfiksi yang ditulis oleh 68 penulis. Penulis-penulis tersebut adalah mahasiswa semester lima (sekarang sudah semester enam) program studi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang mengikuti kegiatan “Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Esai Kreatif Bertajuk Gastronomi Kultural Jawa” dengan narasumber utama Uman Rejo, S.S., M.Hum. dan Nurul Baiti Rohmah, S.S., M.Hum. yang dilaksanakan pada 4—5 Oktober 2022.

Buku yang diberi pengantar oleh Hilmar Farid, Ph.D. selaku Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia ini sudah mendapatkan Surat Pencatatan Ciptaan bernomor EC00202321045 dengan tanggal permohonan 14 Maret 2023 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Secara simbolis, Nurul Baiti Rohmah, S.S., M.Hum. yakni dosen sastra Jawa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) mewakili mahasiswa dan seluruh penulis yang berkontribusi dalam buku ini menyerahkan dua eksemplar kepada Drs. Samsul Huda, M.Pd.I. sebagai Kepala UPT Perpustakaan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada Senin, 10 April 2023 di ruang kerjanya. Dengan dua eksemplar buku yang diberikan ini, diharapkan bisa masuk dalam repository milik perpustakaan kampus dan bisa menjadi bahan bacaan tambahan untuk para civitas akademika di kampus ini yang gemar dengan pengetahuan gastronomi terutama gastronomi dalam konteks kebudayaan Jawa.