Mengenal Gastronomi Kultural Jawa Melalui Penulisan Esai Kreatif

Grastromi belum begitu familiar di telinga masyarakat Indonesia. Padahal gastronomi berada sangat dekat dekat bahkan menjadi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Gastronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang makanan atau kuliner. Tulungagung sebagai kota budaya memiliki beberapa spot wisata kuliner yang terkenal di berbagai wilayah. Perkembangan kuliner yang ada di Tulungagung ini dapat menjadi bahan kajian bagi mahasiswa prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Untuk memperkenalkan mahasiswa terhadap gastronomi, maka program studi SPI bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Timor mengadakan kegiatan yang bertema, “Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Esai Kreatif Bertajuk Gastronomi Kultural Jawa”, dengan narasumber Uman Rejo, M.Hum dari dengan Nurul Baiti Rohmah, M.Hum. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 4-5 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 76 mahasiswa SPI selama dua hari dengan output buku kumpulan esai terkait gastronomi dengan delapan tema yaitu, (1) Gastronomi, Ritual, dan Kearifan Lokal, (2) Gastronomi, Inovasi, dan Kreatifitas, (3) Gastronomi, Nutrizi, dan Kesehatan, (4) Gastronomi, Modern, dan Industri Kreatif, (5) Gastronomi dan Politik, (6) Gastronomi dan Sejarah, (7) Gastronomi dan Pariwisata, (8) Gastronomi dan Identitas Budaya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam menulis dengan gaya esai kreatif. Bentuk esai dipilih karena lebih mudah dibaca untuk semua kalangan masyarakat, sehingga keberadaan buku tersebut dapat menambah wawasan masyarakat dalam hal gastronomi.

Untuk melaksanaan kegiatan kerjasama ini, akan diadakan kegiatan serupa pada setiap tahunnya dengan tema yang beragam. Menurut M. Faizun, koorprodi SPI UIN SATU Tulungagung, “Kerjasama antar perguruan tinggi dengan disiplin kelimuan yang berbeda dapat membuka cakrawala pengetahuan mahasiswa tentang sejarah dari berbagai bidang”. Hal tersebut menguatkan pengembangan akademik mahasiswa melalui kerjasama.