Perkuat Pelaksanaan MBKM melalu Raker PPSI

Pada 18-19 Juni 2022 Prodi Sejarah Peradaban Islam UIN SATU berpartisipasi dalam raker Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI) yang dilaksanakan di Program Studi Ilmu Sejarah, FIB Universitas Hasanuddin Makassar. PPSI adalah sebuah asosiasi program studi sejarah se-indonesia yang lahir pada 20 November 2014. Awalmulanya PPSI didirikan sebagai wadah komunikasi antar prodi sejarah yang terdapat dalam berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Program Studi Sejarah di Indonesia bernaung di bawah tiga perguruan tinggi, yaitu perguruan tinggi umum, perguruan tinggi kependidikan, dan perguruan tinggi Islam.

Dalam perumusan program kerja, panitia membagi anggota yang hadir ke dalam beberapa divisi. Dalam hal ini perwakilan dari Prodi Sejarah Peradaban Islam UIN SATU Tulungagung masuk dalam devisi pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dari diskusi divisi tersebut, melahirkan dua rekomendasi program kerja untuk PPSI, pertama, website PPSI dapat menjadi pusat informasi pelaksanaan MBKM seluruh prodi sejarah di Indonesia sehingga dapat memudahkan mahasiswa maupun prodi dalam mengakses mata kuliah-mata kuliah yang ditawarkan dalam pelaksanaan kurikulum MBKM, dan kedua, PPSI menyelenggarakan lokakarya terkait pelaksanaan MBKM, karena universitas-universitas di bawah Kemendikbud sudah menjalankan program tersebut selama dua tahun, sedangkan di bawah Kemenag baru akan dilaksanaakn semester depan.

Suasana raker PPSI di ruang rapat dekanat FIB Universitas Hasanudin Makasar

Dari raker tersebut juga menghasilkan beberapa rekomendasi program di antaranya, setiap minggu diadakan diskusi buku, terutama karya dosen Ilmu Sejarah, pendidikan sejarah dan pendidikan peradaban Islam, kuliah tamu melalui daring, ada penerbitan buku teks dalam hal ini buku Teori dan Metodologi Sejarah, pengantar Sejarah Indonesia, Pengantar Ilmu Sejarah yang akan diterbitkan oleh PPSI. PPSI juga akan melakukan penguatan riset anggota PPSI dengan dilakukan workshop kolaboratif riset sejarah, workshop luaran riset sejarah.

Selain itu, terdapat lima (5) mata kuliah yang harus ada dalam prodi yang direkomendasikan oleh forum PPSI untuk semua Prodi Sejarah, baik Ilmu Sejarah, pendidikan sejarah atau sejarah peradaban Islam, yaitu, mata kuliah Pengantar Ilmu Sejarah, pengantar Sejarah Indonesia, metode sejarah, Historiografi, dan dasar teori dan metodologi sejarah. PPSI juga akan berkoordinasi dengan MSI (masyarakat Sejarawan Indonesia) dan asesor dari dosen sejarah, untuk membicarakan terkait lembaga akreditasi mandiri (LAM) Sejarah sehingga ke depan membantu akreditasi prodi sejarah di seluruh Indonesia.

Foto bersama korprodi SPI delegasi dari UIN Surakarta

Setelah pembukaan raker, PPSI melaunching website PPSI, www.ppsi.or.id oleh Ketua Umum PPSIĀ  Dr.Ilham Daeng Makelo dan pembina PPSI Prof.Dr. Budi Agustomo,M.Hum. Website ini nantinya sebagai media komunikasi dan sosialisasi prodi-prodi sejarah dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan Raker PPSI diakhiri dengan penandatanganan memorandum of action (MOA), oleh prodi-prodi sejarah se-Indonesia dengan PPSI untuk pengembangan prodi dalam bidang tridharma perguruan tinggi. (MF)