Bedah Buletin Arkais

Pada 26 Mei 2022 HMPS Sejarah Peradaban Islam melakukan serangkaian acara yakni bedah buletin arkais yang mengangkat judul “Back to: Nusantara Histories” yang baru pertama kali diterbitkan. Dalam acara bedah buletin ini HMPS Sejarah Peradaban Islam berbincang bincang dengan M. Sirojul Akbar (Pimpinan Redaksi LPM Aksara) dan Muhammad Bahruddin (CO Joker LPM Aksara) mahasiswa SPI semester dan Muhammad Burhanuddin selaku dewan redaksi buletin arkais mahasiswa SPI semester 2 serta Andre krisdianthoro mahasiswa SPI semester 2 sebagai moderator. Acara bedah biletin ini dilaksanakan pukul 09.00 WIB di Coffee Bagong sekitar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Pada buletin ini memuat Esay, opini pendapat, review film, biografi, serta puisi yang telah dipilih dan dikumpulkan dari para mahasiswa. Muhammad Burhanuddin mengungkapkan perbedaan buletin arkais dengan buletin yang lain berbeda karena terletak pada isi yang ada di dalamnya dan terkait dengan sejarah. Penilaian serta tanggapan buletin dari segi bahasa dan sastra menurut M. Sirojul Akbar yakni penulisan dan penerbitan buletin sudah bagus akan tetapi ada sedikit penempatan tulisan atau tanda baca yang masih salah yang akan mempengaruhi minat pembaca. Saran untuk buletin arkais ini yaitu lebih memperhatikan kosakata serta desain buletin supaya terlihat lebih menarik untuk menambah minat para pembaca.

Andre Krisdianthoro juga meminta penilaian serta tanggapan dari Muhammad Bahruddin terkait buletin arkais, menurut Muhammad Bahruddin buletin arkais ini mudah di baca serta tidak ribet. Akan tetapi kembali lagi dengan apa yang di katakan oleh M. Sirojul Akbar yakni buletin ini masih mempunyai kekurangan terkait penempatan kosakata dan desain gambar yang kurang menarik perhatian pembaca dan mengingatkan supaya lebih berhati hati lagi dalam pengeditan buletin. Muhammad Bahruddin memberikan saran supaya melihat atau mebaca referensi yang lebih banyak lagi.

Acara bedah buletin berjalan dengan lancar dan terdapat masukan yang sangat membantu dari teman teman. Dan mendapatkan apresiasi serta respons yang baik dari mahasiswa yang lain. Buletin ini sangat bermanfaat dan melatih mahasiswa untuk berkarya menjadi lebih baik untuk masa yang akan datang