Romansa Arkeolog: Arsitektur Peradaban Islam Nusantara

Rabu, 20 April 2022. HMPS Sejarah Peradaban Islam melaksanakan kegiatan Coffee History, acara ini digabungkan dengan acara buka bersama dan launching buletin bersama para tamu undangan dan para peserta yang mengikuti coffe history. Tema Coffe History ini adalah Romansa Arkeolog: Arsitektur Peradaban Islam Nusantara, yang turut menghadirkan para dosen Sejarah Peradaban Islam yaitu Rizal Zamzami, S.Hum, M.A. dan Dwi Cahyono M. Hum., Dan acara ini di moderatori oleh Gilang Tahes Pratama selaku Ketua HMJ Sejarah Peradaban Islam angkatan 2020-2021. Acara ini dimulai pada jam 16.00 bertempat di Lotu’s Garden dan diakhiri dengan acara buka bersama.

Dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh Rizal Zamzami S.Hum, M.A. atau kerap dipanggil pak Rizal, arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari manusia dan masyarakat masa lalu melalui tinggalan budaya materi (material culture) seperti bangunan-bangunan, alat-alat dan artefak lainnya. Tidak hanya arkeologi saja namun ada beberapa materi yang di sampaikan seperti budaya islam material, batu nisan yang ditemukan di Indonesia, jaringan ulama nusantara dan beberapa masjid yang memiliki arsitektur yang sangat menari di Nusantara.

Lalu Dwi Cahyono M. Hum. Yang kerap disapa dengan pak Dwi menambahkan beberapa materi yang berada di sekitar arsitektur yang berada di salah satu batu nisan dan masjid yang mempunyai arti tersendiri sehingga para tamu atau peserta tahu bahwa arsitektur tersebut mempunyai nilai tersendiri. Tidak hanya itu saja, beliau juga menjelaskan tentang arca-arca yang ditemukan oleh para arkeolog sejarah. Kemudian dilanjut tanya jawab dari audiens sembari menunggu adzan buka puasa dan diakhiri dengan launching buletin yang dibuat oleh para anggota HMPS SPI.