Mengeksplorasi Budaya dan Peradaban Yunani Kuno

5 Maret 2022, HMPS SPI mengadakan DISWARA (Diskusi Mahasiswa Sejarah) kembali yang bertema Mengeksplorasi budaya dan Peradaban Yunani kuno. Hari ini kita di temani oleh moderator Adelia Silviana Putri dari jurusan SPI dan pemantik kita yaitu Mohammad Khamim Jazuli dari jurusan SPI (Sejarah Peradaban Islam). Diskusi ini dilaksanakan secara daring dan luring, di cafe Sudut Pandang dan disiarkan melalui media resmi Instagram @spi_uinsatu_tulungagung. Selanjutnya kita bahas sekilas diswara ini agar kalian para pembaca sedikit memahami dan menambah wawasan pada diskusi kali ini.

Khamim berkata bahwa “Dalam sejarah dunia umum, sejarah bangsa Yunani ini di bagi menjadi 4 fase yaitu : zaman perunggu (1700-1100 SM), era yunani kuno (1100 – 1408 SM), yunani antik, dan yunani abad pertengahan (1048 – jatuhnya konstatinopel), setelah itu masuknya yunani modern. Dan tema hari ini akan membahas yunani kuno. Peradaban yunani kuno secara general itu masih di bagi menjadi sub-periode lagi. Pertama era zaman perunggu, abad Kegelapan yunani, ketiga yunani al-qais, keempat yunani klasik, dan kelima adalah yunani helenis.”

Istilah yunani dalam bahasa Indonesia di ambil dari serapan bahasa Arab yaitu, yunani Stan. Sementara orang yunani itu memanggil bangsanya dengan sebutan Elleda atau Helena. Peradaban yunani juga kadang di sebut dengan helenis. Yunani kuno pada masa lampau bukan berupa kerajaan tunggal di mana satu bangsa memiliki satu identitas negara yang tunggal. Akan tetapi, yunani pada masa kuno itu adalah suatu bangsa yang terpecah-pecah berdasarkan kota-kota merdeka atau biasa di sebut polis-polis. Yunani kuno tentunya juga tidak sama dengan yunani modern, lingkup wilayah geografi dari Peradaban yunani kuno tidak hanya meliputi semenanjung yunani saja, tetapi meliputi bagian koloninya.

Peradaban yunani paling awal itu muncul pada tahun 1700 SM di pulau kereta. Bangsa Yunani dulunya di sebut sebagai bangsa aria yang berasal dari Asia Tengah. Lalu orang aria terpecah-pecah menjadi bagian sub-Ras ada yang ke selatan menjadi bangsa india, yang ke Iran menjadi bangsa Persia, lalu yang ke Suriah menjadi bangsa hori dan mitani, sedangkan yang ke Asia kecil disebut sebagai bangsa hitti, sementara bangsa aria yang lain menyeberangi Asia kecil dan berlabuh di pulau kereta dan inilah bangsa yang di sebut yunani.

Peradaban pertama kali di yunani adalah Peradaban Minoa. Peradaban Minoa itu merupakan salah satu Peradaban tertua keempat di dunia setelah Peradaban sumerea yang berdiri sejak 3800 SM dan Mesir kuno 3250 SM, dan peradaban lembah sungai kuning atau China 2700 SM, dan peradaban yunani itu muncul 1700 SM.

Abad yunani Kegelapan terdapat 3 faktor : wabah penyakit, kurangnya stok pangan, dan lain-lain. Dan masuknya yunani al-qais di tandai dengan perubahan aksara yang di gunakan oleh masyarakat yunani. Orang yunani menggunakan jenis aksara yang disebut aksara Linea B atau biasa disebut dengan aksara yang menimbulkan suku kata. Kemudian setelah orang Yunani berdagang dengan Venesia yang masih serumpun dengan bangsa Arab dan yahudi. Mereka mengubah menjadi alfabet venisia yang biasa disebut alfabet yunani. Akan tetapi sistem penulisan bangsa Venesia ini merupakan abjad yang tidak memiliki huruf vokal yang membuat bangsa Yunani menjadi bingung yang akhirnya membuat sistem tulisan alfabet dimana setiap aksaranya memiliki konsonan dan huruf vokal.

Fase Yunani arkais diliputi dengan kolonialisasi dari orang Yunani semenanjung ke berbagai daerah mulai dari Asia kecil, Cyprus, Mesir, Italia, Cecilia, Spanyol, dan Tunisia yang kemudian bangkit dan terdapat kota-kota kuat seperti Athena, Sparta, Thebes, Korinthos. Fase Yunani arkais berlangsung antara 750 hingga 500 SM.

Fase yunani klasik yang di tandai dengan bangkitnya demokrasi athena. Pemerintahan athena berbentuk aristokrasi, yaitu sistem pemerintahan yang di perintah oleh segelintir orang atau biasa di sebut oligarki. Karena beberapa penguasa yunani kuno ini ada yang bersifat kejam, akhirnya mereka menyingkirkan kaum aristokrat yunani kemudian muncul revolusi dan terbentuklah demokrasi. Pada tahun 580 SM kota Athena merubah pemerintahannya menjadi sistem demokrasi.

Fase budaya/hellenisme Yunani. Budaya meliputi mata pencaharian, bahasa, kepercayaan, sistem politik atau lembaga sosial, kesenian dan lain-lain. Mata pencaharian Yunani adalah berdagang khususnya dari hasil laut dan mempunyai hobi melaut. Secara politik Yunani terdiri dari berbagai kota merdeka dengan beberapa sistem pemeritahan yakni tirani, tirani adalah pemerintahan yang hanya dipimpin oleh satu orang, kemudian ada yang monarki, aristokrasi, kemudian sistem oligarki dan demokrasi yang terletak di kota Athena. Orang-orang Yunani juga menyukai olahraga dan asal muasal dari olimpiade adalah dari bangsa Yunani yang pertama kali diselenggarakan pada 480 SM yang di selenggarakan setiap 4 tahun sekali untuk menghormati dewa-dewa olimpus.

Dirasa sudah cukup dan waktu sudah mulai malam, moderator menutup diswara tersebut dan berakhir dengan bincang santai dengan para anggota diswara.

Nb: Diskusi bisa disaksikan ulang di Insagram TV @spi_uinsatu_tulungagung