Makrab 2021; Unboxing History

Rabu, 22 September 2021, HMJ Sejarah Peradaban Islam melakukan agenda tahunan, yaitu Masa Keakraban (Makrab). Makrab merupakan kegiatan sambut mahasiswa baru jurusan Sejarah Peradaban Islam sekaligus pengenalan mengenai jurusan yang dilaksanakan selama 2 hari. Acara ini diikuti kurang lebih 40 mahasiswa baru. Pembukaan Makrab dilakukan di kedai kopi Sudut Pandang.  Pembukaan diisi dengan sambutan-sambutan dari ketua pelaksana, Kurnia Aldi; ketua HMJ, Gilang Tahes; dan kepala jurusan, Muhammad Faizun.

Kemudian acara dilanjutkan di pantai Sine Tulungagung dengan mengendarai truck dan sepeda motor. Setibanya di sana, acara dimulai dengan materi Pengantar Sejarah oleh mahasiswa SPI, Ahmad Fahrur Rozi. Setelah itu, sorenya dilanjut dengan sarasehan jurusan yang diisi oleh para dosen SPI: Mochammad Faizun dan Hendra Afiyanto. Dan setelah Isya` dilanjut materi kedua, Historiografi oleh mahasiswa SPI, Muna Hanifah. Acara tidak selesai sampai di situ, pada malamnya ada sharing lintas angkatan―dari angkatan pertama sampai angkatan ke-5―yang membahas mengenai dinamika perkuliahan di jurusan SPI. Dan hari pertama ditutup dengan bakar-bakar sosis di pinggir pantai.

Kegiatan Sarasehan

Hari kedua diawali dengan senam pagi. Setelah itu dilanjut dengan game. Game berupa susun puzzle pahlawan dengan dibagi kelompok. Masing-masing kelompok akan mendapatkan puzzle nama pahlawan dan menyusunnya kemudian mempresentasikan di depan forum. Game ini juga melaih kemampuan mahasiswa dalam mengemukakan pendapat. Setelah game selesai, acara dilanjut dengan bersih diri dan makan, sebelum kemudian dilakukan apel penutupan. Penutupan diisi dengan ucapan terima kasih dari pihak panitia dan ketua HMJ. Dan sebelum pulang, dilakukan foto bersama sebagai dokumentasi dan kenang-kenangan Makrab.