International Webinar “Kartini as Inspiration: Repositioning Women’s Role in Contemporary Indonesia” 21 April 2021

Bertepatan dengan Hari Kartini, pada tanggal 21 April 2021 webinar internasional berjudul “Kartini as Inspiration: Repositioning Women’s Role in Contemporary Indonesia” diselenggarakan atas kerjasama dua lembaga, yaitu Citra Srikandi Indonesia (CSI) dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Acara digelar secara virtual dengan dihadiri lebih dari 400 peserta dari berbagai wilayah dan instansi di Indonesia, maupun luar negeri (Malaysia dan Singapura).

Acara dibuka dengan sambutan oleh ketua umum CSI, Prof. Dr. Endang Caturwati, dan rektor ISBI Bandung, Prof. Dr. Een Herdiani. Bertindak sebagai moderator dalam acara webinar ini adalah Neneng Yanti K. Lahpan, PhD. dari ISBI Bandung. Materi yang pertama disampaikan oleh pembicara utama, Prof. Dr. Sri Rochma Widyastutieningrum dari ISI Surakarta, dengan mengupas tema peran perempuan dalam konteks Indonesia kontemporer.

Pemateri kedua adalah Dr. Hanisa Hassan, dekan dari Faculty of Creative Technology and Heritage, Universiti Malaysia Kelantan. Beliau membahas perubahan dan tantangan peran perempuan dalam ranah publik, terutama dalam bidang pendidikan.

Selanjutnya, Prof. Juju Masunah dari UPI Bandung menyampaikan materi yang ketiga. Beliau mengupas peran perempuan di bidang kesenian, berikut tantangan yang dihadapi dalam pengembangan diri sebagai akademisi perempuan.

Di luar dunia pendidikan, Ratna Lestari Harjana, perwakilan dari KBRI Singapura, merupakan pemateri yang keempat. Beliau telah berkarir selama lebih dari 20 tahun bersama Kementerian Luar Negeri dan menyampaikan sejarah singkat kiprah perempuan dalam profesi ini. Tantangan yang dihadapi perempuan dalam konteks ini terutama adalah adaptasi dengan lingkungan yang berbeda-beda dan tuntutan dunia kerja secara profesional yang harus seimbang dengan kehidupan domestiknya.

Sebagai pembicara terakhir adalah Rhomayda A. Aimah, MA. dosen bahasa pada prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Tulungagung. Beliau menyampaikan materi tentang Kartini melalui pendekatan teks, yaitu surat-suratnya yang merupakan koleksi Perpustakaan Universitas Leiden, Belanda, yang sebagian telah diterbitkan dalam format buku pada tahun 1911 dengan judul Door Duisternis tot Licht, yang merupakan pintu pertama menuju pemikiran Kartini yang sebelumnya tidak diketahui publik.

Diskusi dan tanya-jawab diadakan begitu semua pembicara tuntas menyampaikan materi mereka. Di penghujung acara webinar ini, Citra Srikandi Indonesia mempersembahkan pembacaan puisi oleh empat puluh anggotanya, yang menutup serangkaian acara International Webinar “Kartini as Inspiration: Repositioning Women’s Role in Contemporary Indonesia” inisiatif CSI dengan ISBI Bandung.

-Tim penulis SPI IAIN Tulungagung-