MENJEJAK BUMI BLAMBANGAN MENJARING KOLABORASI ANTAR INSTITUSI

Kamis/20 Februari 2020, Keberlanjutan kegiatan penguatan antar lembaga dengan IAIN Jember nyatanya menginisiasi jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Tulungagung untuk melebarkan sayap jejaring kerjasama. Banyuwangi menjadikan bidikan selanjutnya dikarenakan terdapat dua kampus yang di dalamnya memiliki prodi sejarah. Di tanggal yang sudah ditentukan kedatangan kami (baca=jurusan SPI IAIN Tulungagung) di Universitas PGRI Banyuwangi (UNIBA) diterima dengan hangat oleh Warek 1 dan Dr. Agus Mursidi, M. Pd. Selaku dekan FKIP UNIBA. Acara berlangsung dengan hangat, diawali dengan sambutan dekan FKIP UNIBA terkait selayang pandang fakultas.

Mochammad Faizun, M.Pd.I. selaku kajur SPI IAIN Tulungagung melanjutkan sambutan berikutnya, dan masih menurutnya sangat penting jurusan SPI IAIN Tulungagung untuk melebarkan jejaring kersama dengan prodi Pendidikan Sejarah UNIBA. Terlebih Banyuwangi memiliki sumber sejarah yang melimpah baik tertulis atau lisan, sehingga perlu kiranya untuk membuat program magang bersama antar prodi dalam rangka memetakan potensi dan mengarsip sumber-sumber sejarah tersebut.

Kegiatan bersama yang pertama dilakukan adalah penelitian kolaboratif antara Hendra Afiyanto (SPI IAIN Tulungagung) dengan Hervina Nurullita (Pend. Sejarah UNIBA). Kolaborasi penelitian nyatanya mampu menjadi pemantik untuk membuat program lanjutan terutama terkait magang mahasiswa dan publikasi ilmiah. Menurut Agus Mursidi skema penguatan antar lembaga dapat dilakukan dengan kerjasama penguatan jurnal prodi dan artikel ilmiah antar dosen. Poin-poin kerjasama ini nantinya akan dimatangkan di masing-masing lembaga dan diwujudkan dalam Surat Perjanjian Kerjasama (SPK). -(kndr11)-